Senin, 29 November 2010

10 LANGKAH MERAKIT CORE i5


10 langkah Merakit Core i5

Core i5 adalah procesor yang dipublikasikan oleh perusahaan pembuat processor yaitu INTEL yang keluar pada tanggal 8 september 2009 dengan banyak sekali perubahan dari spesifikasi processor sebelumnya. Kelebihan dari core i5 ini adalah ditanamkannya fungsi chipset Northbridge pada inti processor (dikenal dengan nama MCH pada Motherboard). Maka motherboard Core i5 yang akan menggunakan chipset Intel P55 (dikelas mainstream) ini akan terlihat lowong tanpa kehadiran chipset northbridge. Lynnfield adalah codename untuk Core i5. Core i5 akan berjalan berjalan optimal di socket baru Intel yaitu socket LGA-1156. Core i5 dipasarkan dengan harga sekitar US$186.


Nah, kali ini kami akan memberikan langkah-langkah merakit PC yang memiliki spesifikasi Processor Core i5.


Langkah 1

· Siapkan semua komponen yang akan dipasang atau digunakan.


Komponen yang diperlukan adalah sebagai berikut:

1. Prosecessor Core i5

2. Motherboard

3. Monitor

4. Harddisk SATA

5. Power Supply

6. RAM DDR3 (Min. 1GB)

7. Kabel SATA

8. Kabel ATA 100

9. CD/DVD-ROM

10. Fan / pendingin / heatsink

11. Keyboard

12. Mouse

Langkah 2

· Pasang processor pada socketnya. Dalam pemasangan harus hati-hati. Jika tidak, pin pada processor akan patah dan mengakibatkan processor tidak dapat digunakan. Saat pemasangan, lihat tanda segitiga pada salah satu ujung processor. Jangan lupa menguncinya harus rapat dan jangan dipaksakan.


Langkah 3

· Masukkan motherboard ke dalam casing / CPU. Pasang scrub pada tempat-tempat yang sudah ditentukan. Hubungkan kabel power supply ke motherboard.


Langkah 4

· Pasang RAM (Random Access Memory) pada slot RAM. Core i5 harus didukung dengan RAM DDR3 Minimal 1 GB agar dapat berjalan secara optimal.


Langkah 5

· Pasang Pendingin atau biasa disebut Heatsink. Pada pemasangan heatsink, usahakan jangan terlalu dipaksakan karena akan merusak motherboard dan heatsinknya sendiri. Kunci heatsink dan patsikan tidak goyang.


Langkah 6

· Pasang harddisk ke CPU. Jangan lupa memberikan scrub agar harddisk dapat tepasang dengan rapat dan pastikan harddisk tidak goyang.


· Pasang kabel SATA ke harrdisk dan ke motherboard. Jangan lupa pasang kabel power supply ke harddisk.

Langkah 7

· Pasang CD/DVD-ROM ke CPU dan berilah scrub agar terpasang dengan kuat. Hubungkan kabel ATA 100 ke CD/DVD-ROM dan ke motherboard. Setelah itu, Hubungkan kabel power supply ke CD/DVD-ROM agar mendapatkan tegangan.


Langkah 8

· Pasang kabel-kabel power pada CPU ke motherbord agar motherboard mendapatkan daya untuk memproses atau mengkoordinasi semua hardware yang tersambung ke motherboard.


Langkah 9

· Tutup CPU dengan scrub dan pastikan terkunci dengan benar.

Langkah 10

· Hubungkan kabel monitor ke CPU serta kabel power. Coba dengan menghidupkanya.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

I'LL FOLBACK

BLOG KAWAN

Cara-cara menginstal OS, Hardware Komputer, Artikel Komputer samurai's Blog