Jumat, 26 November 2010

PERKEMBANGAN PRINTER

MENGENAL PRINTER DAN TEKNOLOGINYA

Printer adalah salah satu Hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut DPI (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk atau tidak bagus.

Printer dalam perkembangannya telah mengalami perubahan yang pesat sama halnya dengan perkembangan alat output dan input device lainnya. Seperti halnya yang sudah dijelaskan diatas tentang pengertian printer sebagai fungsi untuk mencetak output device yang dikeluarkan melalui process device. Perkembangan printer mesih berlanjut hingga saat ini persaingan antar produsen printer semakin hebat dimana masing-masing produsen terus-menerus mengeluarkan inovasi dan produk terbaik mereka yang terus berkembang dan terus bersaing baik ditinjau dari segi; ukuran, kecepatan, harga, kualitas, kuantitas maupun teknik pengoprasiannya.

Printer dalam bahasa Indonesia berarti ”pencetak (alat cetak)”. Istilah ”printer” sering digunakan sebagai alat cetak yang terhubung langsung dengan komputer. Untuk menghubungkan printer dengan komputer diperlukan sebuah kabel yang terhubung dari printer ke CPU komputer. Saat ini terdapat tiga jenis printer


  • Printer Dot Matrik

Printer Dot mMatrik merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan.Karena menggunakan peta untuk menampilkan output ke kertas,hasil percetakan printer dengan dot matrik agak kasar dan kurang bagus.Pada mulanya printer jenis Dot Matrik menggunakan head 9 pin yang berarti bahwa satu huruf akan dicetak dengan kombinasi susunan dari 9 titik.Pada perkembangannya meningkat menjadi 24 pin dan lebih halus hasil cetakanya.Contoh printer jenis ini adalah printer dot matrik produksi Epson yaitu LX – 300,LX 800,FX 1100 dan lainya.

  • Printer Ink Jet

Printer Ink Jet,muncul pada era tahun 1980-an dan menggunakan tinta untuk mencetak output pada kertas.Ketika pertama kali muncul,printer ini mengedepankan teknik cetak warna,sehingga banyak digemari pengguna printer.Hasil dari pada percetakanya pun lebih bagus dari pada pita,meskipun dengan ongkos pembelian tinta yang lebih mahal.

Teknologi yang diusung oleh printer Ink Jet adalah teknologi dor on demand.Teknologi ini menyemprotkan titik-titik kecil tinta ke atas kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil.Jumlah tinta yang dikeluarkan diatur dengan menggunakan perangkat lrnak pengendali (driver) yang digunakan.Teknologi lainya dikembangkan oleh Canon dan HP dengan menggunakan thermal atau panas.Panas yang dihasilkan dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak di atas kertas.

· Printer Laser Jet

Merupakan jenis printer yang paling bagus kualitasnya di banding dua jenis printer sebelumnya.Alat mencetaknya tidak menggunakan tinta melainkan menggunakan bubuk toner dan pencetakan menggunakan infra merah.Printer ini juga menawarkan kecepatan pencetakan yang tinggi.Bahkan mesin yang tergolong kelas rendah dari golongan laser inipun,masih memiliki kecepatan yang tinggi dibandingkan dengan printer Ink Jet atau Dot Matrik.Kualitas dan juga performa dari printer jeni Laser Jet ini juga dibarengi dengan harga yang mahal,baik harga printer maupun tonernya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

I'LL FOLBACK

BLOG KAWAN

Cara-cara menginstal OS, Hardware Komputer, Artikel Komputer samurai's Blog